Beranda » Revitalisasi Desa Mulyoagung: Kelompok PMM Mengukir Inovasi Melalui Workshop Sosial Media Branding untuk Karang Taruna!

Revitalisasi Desa Mulyoagung: Kelompok PMM Mengukir Inovasi Melalui Workshop Sosial Media Branding untuk Karang Taruna!

Malang, 16 Februari 2024 – Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) kelompok 81 gelombang 2 telah melaksanakan program Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) dengan membawa program workshop bertajuk “Sosial Media Branding” kepada Karang Taruna Desa Mulyoagung. Acara ini tidak hanya melibatkan Karang Taruna, tetapi juga melibatkan para stakeholder mulai dari pemerintahan, pelaku usaha, dan komunitas. Inisiatif ini bertujuan untuk memberdayakan pemuda desa dalam memanfaatkan media sosial sebagai sarana promosi dan memperkuat branding aktivitas mereka.

Tujuan dari adanya kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini adalah untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil Penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Sebanyak 5 mahasiswa dari jurusan Ilmu Komunikasi UMM menjadi fasilitator dalam workshop tentang pengelolaan sosial media kepada anggota Karang Taruna Desa Mulyoagung dan undangan penting lainnya. 5 mahasiswa tersebut antara lain Arya Gagah Sapoetra, Ilman Ramdhani, Fachrur Rozi Habib Yusuf Al-Mahmud, Fadia Nurokta Dwisapta, dan Rahmi Nadhifatul Nisak. Mereka mengarahkan anggota Karang Taruna Desa Mulyoagung untuk memahami potensi sosial media sebagai alat yang efektif untuk mempromosikan kegiatan dan merancang identitas merek yang kuat.

Workshop mencakup berbagai aspek, mulai dari penjelasan tentang pembuatan konten yang menarik, peningkatan interaksi dengan pengikut, hingga analisis statistik untuk mengukur efektivitas kampanye. Mahasiswa UMM juga memberikan panduan praktis tentang bagaimana membangun narasi yang autentik dan bersifat inklusif melalui platform sosial media.

Dalam konteks ini, Desa Mulyoagung sebagai kawasan pedesaan mendapatkan peluang untuk mengangkat potensi lokal dan tradisi mereka melalui sosial media. Mahasiswa UMM mengakomodasi kebutuhan khusus desa ini dengan merancang strategi yang sesuai dengan karakteristik masyarakatnya. Oleh karena itu mereka mengundang stakeholder dari karang taruna yang terdiri dari Perangkat Desa, Bumdes, Karang Werda, Linmas, PKK, dan UMKM dengan tujuan untuk menciptakan kolaborasi yang lebih komprehensif dan merata, serta memastikan setiap komunitas dapat berperan aktif dalam pengembangan desa melalui media sosial.

Koordinator Kelompok 81 gelombang 2, Ilman Ramdhani mengatakan “Sosial media bukan hanya alat hiburan, tetapi juga dapat menjadi kekuatan besar untuk membangun citra positif dan meningkatkan kehadiran masyarakat dalam ranah digital. Melalui workshop ini, kami berharap Karang Taruna Desa Mulyoagung maupun stakeholder lainnya dapat lebih dikenal dan diapresiasi melalui media sosial.”

Pihak Karang Taruna Desa Mulyoagung menyambut baik inisiatif dari mahasiswa UMM. Ketua Karang Taruna Desa Mulyoagung, Adjie Wahyu Ganda K. mengatakan bahwa pihak mereka sangat bersyukur atas bantuan dan ilmu yang diberikan oleh mahasiswa UMM karena dengan adanya program workshop tentang media sosial branding dapat memberikan semangat baru untuk anggota karang taruna agar lebih aktif di dunia maya dengan mengangkat potensi yang ada sehingga potensi yang dimiliki oleh Desa Mulyoagung dapat diketahui oleh masyarakat luas.
Melalui program workshop Sosial Media Branding ini, kelompok 81 gelombang 2 dalam program PMM tidak hanya memberikan pengetahuan secara akademis kepada Karang Taruna Desa Mulyoagung tetapi juga membantu dalam merealisasikan perencanaan dalam pembuatan konten hingga publikasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *