Beranda » Kuliner Pecel Pagi, Menu Sarapan di Alun-Alun Batu

Kuliner Pecel Pagi, Menu Sarapan di Alun-Alun Batu

Kuliner Pecel Pagi di alun-alun Kota Batu (sumber: dok pribadi)

Kuliner Pecel Pagi di alun-alun Kota Batu (sumber: dok pribadi)

Ekomikro.com – Berkunjung ke Kota Batu, menikmati lalu lintas kendaraan yang mengitari alun-alun di pagi hari selalu menjadi daya tarik wisata. Melihat berkembangnya Alun-Alun Kota Batu pada pertengahan tahun 2000-an, kedai tersebut menjadi salah satu santapan pagi  Kota Batu. 

Kedai tersebut adalah toko MT. Warung milik Mak Tum ini menjual nasi pecel pincuk dan susu segar. Dengan kapasitas pengunjung yang terbatas, Pecel Pagi MT terlihat sepi dari kejauhan. Namun, ketika mulai mendekatinya, bahkan ruang kosong yang tutup sementara pun penuh dengan pelanggan warung pecel tersebut.

Kesadaran pengunjung pada saat pandemi pentingnya menjaga jarak membuat mereka lebih memilih duduk di trotoar pasar dari pada memaksakan diri duduk di dalam kedai. Ruko Pecel Pagi berukuran kurang lebih 4 x 5 meter ini tidak memenuhi ketentuan social distancing pada saat selama pandemi. Oleh karena itu, penjaga toko juga menyediakan banyak meja yang tertata rapi di depan toko dan kursi-kursi yang jaraknya cukup lebar. 

Antusiasme toko-toko karena harga pecel pincuk hanya Rp 5.000 tapi rasanya salah satu yang terbaik di kota Batu. Tak heran, lintas pengunjung yang beragam, mulai dari pengendara sepeda motor, mobil, sepeda ontel berhenti untuk parkir di dekat toko dan membeli pecel di sini.

“Pecel ini sudah berdiri sudah sangat lama, harga yang sangat ramah dikantong hanya seharga Rp 5.000 dengan pelengkap lainnya,” ujar Mak Tum.

Pecel seporsi seharga Rp 5.000 sudah termasuk sayuran utama seperti bayam, sawi, dan kemangi. Seporsi nasi dan beberapa potong rempeyek. 

Untuk menambah lauk tambahan seperti masakan gorengan Anda harus membayar hanya Rp 1.000. Terkadang ketika potongan gorengan terlihat kecil, penjual akan menambahkan potongan gorengan lagi tanpa biaya tambahan. Selain gorengan, ada juga telur goreng, kerupuk udang, ayam, nila dan masih banyak lauk lainnya yang bisa menjadi lauk pelengkap pecel. 

Dapatkan informasi lainnya melalui: https://instagram.com/ekomikro.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *