Beranda » Tetap Produktif dengan Jalani Freelance

Tetap Produktif dengan Jalani Freelance

Ilustrasi freelance

Ilustrasi freelance

Ekomikro.com– Hai para fresh graduate! Gimana kabar kalian? selamat ya kalian telah berhasil melewati ujian di dunia perkuliahan. Kini selamat datang ke ujian yang lebih mantap yakni dunia kerja, eitss tetap santai dan fokus ya jangan dibawa stres.

Bekerja tidak melulu soal menjadi pegawai kantoran. Kalian pun bisa membuka lapangan pekerjaan bagi kalian sendiri atau bahkan nantinya bisa menjadi lapangan pekerjaan bagi orang lain. Freelance atau bekerja lepas (tidak terikat dengan satu perusahaan) kini menjadi suatu hal yang umum di kalangan lulusan baru bahkan orang-orang berpengalaman sekalipun.

Rudi Prasetiawan adalah seorang pegawai swasta yang juga merangkap sebagai  freelance dalam bidang teknologi informasi. Kurang lebih 3 tahun sudah ia menggeluti bidang ini. Lulusan Program Studi Teknik Informasi ini memulai usahanya dengan motivasi ingin menambah penghasilan. Proses awalnya ia melakukan install ulang atau perbaikan laptop kantor. Lalu merambah ke arah pemasangan sistem keamanan CCTV serta fingerprint (mesin absen) sampai dengan instalasi jaringan RT/RW net. 

Promosi yang dilakukan pun hanya sekedar melalui mulut ke mulut. “Promosi awal itu lebih ke bantuin kerabat yang butuh bantuan,” ungkap Rudi.

Tekad Usaha Freelance

Ia masih mengingat orderan pertama yang ia terima kala itu adalah  maintenance PC dan laptop untuk koperasi di daerah Surabaya, total 5 laptop dan 2 PC. Rudi sangat mensyukuri pengalaman yang amat berkesan itu. Sejak menerima orderan tersebut ia bertekad untuk terus meng-upgrade ilmu yang ia miliki agar bisa menambah skill kerjanya.

Tentunya dalam menjalani freelance ada banyak suka duka yang Rudi dapatkan. Seperti dukanya yakni karena pekerjaan by project membuatnya tak selalu mendapatkan orderan atau mungkin orderan yang ia kerjakan feenya tidak seberapa. Namun di balik duka pun ada suka, Rudi senang menjalani pekerjaan nya ini karena sesuai dengan passion yang ia miliki dan juga selaras dengan ilmu yang ia tempuh dalam perkuliahan.

Rudi pun berpesan bagi para anak muda terutama lulusan baru yang masih ragu dengan jalan yang akan ditempuh.

“Selalu lihat peluang di setiap momen. Karena di antara banyaknya peluang salah satunya bisa menjadi hal yang berharga dan bermanfaat untuk kehidupan kita kedepannya,” pesan Rudi. 

Jadi tetap semangat dan jangan menyerah ya!

Update informasi lainnya melalui: https://instagram.com/ekomikro.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *