Beranda » Peluang Bisnis Laundry, Usaha Tanpa Keahlian Khusus

Peluang Bisnis Laundry, Usaha Tanpa Keahlian Khusus

Gambar mesin cuci yang ada di usaha laundry koin

Gambar mesin cuci yang ada di usaha laundry koin

Ekomikro.com— Ide usaha memang tidak ada habisnya. Apabila Anda tengah mencari peluang usaha dengan potensi menjanjikan, bisnis laundry bisa menjadi opsinya. Bisnis ini bisa menjadi usaha yang menawarkan keuntungan dan peluang penghasilan besar. 

Laundry sendiri berasal dari Bahasa Inggris yang memiliki arti pakaian atau tempat cuci pakaian. Artinya, bisnis ini menawarkan jasa untuk mencuci kepada orang lain. Item yang dapat menjadi bisnis pun beragam. Mulai dari pakaian, karpet, jaket, sepatu dan masih banyak lagi. 

Liputan6 menuliskan, pada periode 2021-2022 usaha laundry di Indonesia meningkat sebesar 50 persen. Melihat angka ini, membuktikan bahwa kebutuhan orang-orang akan laundry cukup tinggi. Bisnis ini cenderung mudah karena tidak memerlukan keahlian khusus. 

Mulai Bisnis Laundry

Ika (28), salah satu pemilik usaha laundry mengatakan banyak menerima keuntungan dari bisnsi ini. Tempat usahanya yang dekat dengan kawasan kos membuatnya mudah mendapatkan pelanggan. Ika mematok harga jasa laundry miliknya sejumlah Rp5000 per kilogram. Harga ini termasuk gratis ongkos kirim dan jemput jika jaraknnya dekat.

“Karena mahasiswa kan ada saja yang malas nyuci, jadi biasanya pakai jasa laundry,” ujar Ika. 

Pelanggan Ika memang Sebagian besar mahasiswa. Ia hanya melakukan promosi dari mulut ke mulut dan menerima jasa melalui Whatsapp. Umumnya pakaian yang ia terima akan diproses selama kurang lebih dua hari. Prosesnya yang cukup cepat membuat jasa laundry Ika tidak pernah sepi. Laundry miliknya buka setiap hari Senin hingga Sabtu.

“Biasanya sehari itu bisa lebih dari dua puluh lima kilo,” ungkap Ika. 

Ika adalah salah satu contoh yang sedang menggeluti usaha bisnis laundry. Jika memiliki modal yang lebih besar, bisa memilih untuk membuka bisnis laundry koin. Usaha tempat cuci ini dinilai lebih mudah dilakukan karena pelanggan akan melakukan aktivitas mencuci sendiri. 

Rani (21) selaku pengguna laundry koin merasa terbantu dengan adanya usaha sejenis itu. Sebab dirinya mengaku sering membutuhkan pakaian mendadak. 

“Biasanya baju yang dipakai kuliah cepat habis, kalau pakai laundry koin kan bisa langsung kering tinggal setrika,” ungkap Rani.

Laundry koin umumnya hanya memerlukan waktu 1-2 jam saja untuk mencuci setiap 6 kilogram pakaian sampai kering. Jasa ini merupakan usaha self service yang dalam pengoperasian mesin cucinya hanya tinggal menukarkan uang menjadi koin. 

Bisnis ini memiliki peluang serta kelebihannya sendiri. Sebab pelanggan tidak perlu takut lagi ada barang tertukar. Anda sebagai pelaku usaha juga bisa memberikan keuntungan lain bagi pelanggan agar memilih usaha Anda. Misalnya saja jasa antar jemput, pilihan pewangi, dan lain sebagainya. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *