Beranda » Mulai Usaha dengan Bisnis Franchise

Mulai Usaha dengan Bisnis Franchise

Infografis bisnis waralaba

Infografik bisnis franchise

Ekomikro.com— Ide adalah awal dari semua usaha yang akan terealisasi. Memikirkan sebuah ide bisnis bukanlah hal yang mudah. Seseorang harus bisa membaca kebutuhan pasar hingga kompetitor. Salah satu hal yang bisa kalian lakukan untuk memulai bisnis adalah bergabung dengan bisnis franchise.

Menurut Kompas.com, merujuk pada Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 17 tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Waralaba, Franchise adalah hak khusus yang dimiliki oleh orang perseorangan atau badan usaha. Hak ini bermaksud hak terhadap sistem bisnis dengan ciri khas usaha dalam rangka memasarkan barang atau jasa yang telah terbukti berhasil dan dapat dimanfaatkan dan atau digunakan oleh pihak lain berdasarkan perjanjian waralaba. 

Dalam dunia franchise, ada istilah franchisor dan franchisee. Franchisor adalah orang perseorangan atau badan usaha yang memberikan hak untuk memanfaatkan atau menggunakan waralaba yang ia miliki. Sedangkan franchisee adalah orang atau badan usaha yang diberikan hak oleh pemberi waralaba untuk memanfaatkan atau menggunakan waralaba.

Keuntungan Bisnis Franchise

Franchise adalah salah satu cara mudah dan cepat untuk memulai bisnis. Sebab, merek untuk franchise umumnya sudah cukup memiliki nama di masyarakat. Bukan hanya itu, franchise juga memberikan kemudahan dalam manajemen atau pengelolaan bisnis. Karena franchisee juga mendapatkan pedoman dan standar yang sama dengan pusat. 

Kompas.com merangkum secara inti, franchise adalah bisnis yang pemilik modalnya hanya perlu menyediakan dana. Penerima waralaba hanya menerima bisnis yang sudah di tangan atau terima beres. Sederhananya, franchise artinya menduplikasi kesuksesan suatu usaha kepada pihak lain. 

Buku ‘Jitu Membeli Franchise’ karya Hendry E. Ramdhan, mengatakan ada banyak keuntungan berbisnis franchise antara lain: 

  1. Pihak yang melakukan franchise akan menjadi seorang pemilik bisnis, bukan hanya sekedar bekerja dalam bisnis yang ia beli.
  2. Menjadi pintu masuk yang mudah untuk memulai bisnis.
  3. Franchise telah memiliki merek dagang yang telah terkenal luas.
  4. Meningkatkan peluang keberhasilan dalam berbisnis .
  5. Dapat menawarkan konsumen suatu kualitas dan konsistensi produk atau layanan
  6. Sangat mungkin mendapat panduan start-up atau persiapan pembukaan outlet. Misalnya dalam pemilihan lokasi, desain, renovasi tempat, training karyawan, pengadaan peralatan, perlengkapan, serta program opening gerai.
  7. Terakhir, pemilik franchise akan mendapat bantuan hubungan yang berkesinambungan, dalam hal training, promosi nasional, bantuan operasional, dan bantuan manajemen lain. 

Nah, bagaimana? Kalian para pejuang bisnis hanya perlu menyiapkan modal dan terima beres! Tertarik mencoba? Jangan lupa riset pasar dan produk yang kalian pilih ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *