Beranda » Perdagangan Sistem Elektronik Mendorong Kemajuan UMKM

Perdagangan Sistem Elektronik Mendorong Kemajuan UMKM

Sosialisasi Kementerian Perdagangan (Kemendag) Perdagangan Melalui Sistem Elektronik (PMSE)

Sosialisasi Kementerian Perdagangan (Kemendag) Perdagangan Melalui Sistem Elektronik (PMSE)(20//6/2023)

Ekomikro.com – Munculnya pandemi di awal tahun 2020 memberikan dampak besar dalam penggunaan teknologi digital. Minat masyarakat semakin tinggi pada perdagangan berbasis digital. Dalam acara Kementerian Perdagangan (Kemendag) Goes to Campus yang dilaksanakan tanggal 20 Juni 2023 salah satu upaya pemerintah menginformasikan perdagangan digital.

Kementerian perdagangan melakukan sosialisasi kebijakan perdagangan melalui sistem elektronik untuk memberi pemahaman pada masyarakat. Berlangsung di Dome Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), acara ini mengundang mahasiswa dan pelaku UMKM di Malang Raya. 

Betapa pentingnya teknologi digital di era pandemi yang memengaruhi hampir di setiap sektor. Sektor ekonomi mengalami perubahan signifikan di dunia teknologi digital dampak dari adanya pandemi.  Kegiatan perdagangan dengan sistem elektronik berkembang. Oleh karena itu, segala hal yang berkaitan dengan transaksi perdagangan dilakukan melalui teknologi.

Pembatasan interaksi sosial secara langsung mendorong perubahan sistem perdagangan dari ekonomi tradisional menuju berbasis digital. Kemudian hadirnya e-commerce menawarkan kemudahan transaksi jual beli dengan lebih praktis. Berdasarkan data dari Bank Indonesia pada tahun 2022 nilai transaksi e-commerce nasional mencapai Rp476,3 triliun. 

Pentingnya transaksi ini menjadi alasan Kemendag akan mengeluarkan kebijakan Perdagangan Melalui Sistem Elektronik (PMSE). Adanya sosialisasi ini menyasar para mahasiswa khususnya sebagai generasi muda yang memiliki peluang besar untuk berbisnis.

“Centre of Excellent yang ada di UMM sebagai upaya pengembangan mahasiswa untuk dekat dengan dunia usaha,” jelas Samsul Arifin Wakil Rektor 1 Universitas Muhammadiyah Malang. 

Para anak muda yang mulai belajar berbisnis UMKM akan memberikan kontribusi untuk pendapatan negara. Pengusaha muda penting memahami kebijakan dalam bertransaksi di media digital. Selain itu, Pemaksimalan marketplace menjadi jalan untuk meningkatkan penjualan. 

Kasan, Kepala Badan Kebijakan Perdagangan dalam acara ini (20/6/2023) mengatakan bahwa Kemendag dalam menyikapi dan memberdayakan UKM membentuk ekosistem melalui empat pilar. Meliputi UKM itu sendiri, marketplace, retail modern, serta dukungan dari pembiayaan.

“Para pengusaha sebagai pembentuk perekonomian nasional memberikan kontribusi 10% pada anggaran pendapatan belanja negara dari pendapatan nasional bruto,” ungkap Kasan.

Kolaborasi dan kerja sama antara pemerintah, pelaku usaha, dan akademisi mampu memajukan transaksi perdagangan melalui sistem elektronik. Selain itu, kegiatan Kemendag Goes to Campus menjadi wujud dari kolaborasi ketiga elemen tersebut. 

Update lainnya melalui: https://instagram.com/ekomikro.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *