Beranda » Bengkel Rinjani UMM, Harapan Orang Kurang Mampu

Bengkel Rinjani UMM, Harapan Orang Kurang Mampu

Foto Mekanik Bengkel Rinjani UMM saat mengganti Oli mobil pelanggan

Ekomikro.com-Bengkel Rinjani Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dahulunya berada di bawah Yayasan Berkah Rinjani Malang Raya. Dr. Ruslan Jaelani pendiri Bengkel Rinjani UMM sekaligus penggagas Rinjani Skill Development Center (RSDC).

RSDC merupakan program pelatihan yang ada di Bengkel Rinjani UMM untuk menciptakan mekanik andal khususnya bagi orang yang kurang mampu. RSDC sendiri merupakan lembaga pelatihan kerja dan sosial yang tidak di komersialkan (gratis).

Oky Dwi P selaku supervisor Bengkel mengatakan Program ini terlaksana setiap 6 bulan sekali dengan batasan 20 anggota dan menyasar pada orang kurang mampu seperti, anak yatim, panti asuhan maupun anak pondok.

“Jadi kami nanti akan menyediakan asrama, kelas, fasilitas untuk menunjang skill mereka. jadi bengkel ini kepada mereka dengan biaya gratis,” ujar Oky Dwi saat wawancara di Bengkel Rinjani UMM (15/06/2023)

Tidak hanya menciptakan mekanik andal program RSDC mengajarkan peserta untuk menjadi pribadi yang baik. Peserta akan melakukan kegiatan yang bermanfaat seperti mengaji, belajar agama, dan salat.

Dilansir pada berita MalangVoice melalu pernyataan M Bisri Mustofa bahwa Program RSDC di harapkan bagi peserta kelak saat membangun usaha bidang mekanik selain menjadi pengusaha yang tangguh dan andal tapi juga menjadi pengusaha yang takwa.

“Bercermin pada pesan dari pak Ruslan yang memiliki misi dibangunnya bengkel itu untuk beramal. Seperti menciptakan program RSDC khusus untuk orang yang kurang mampu maka yang di ajarkan di pelatihan tidak hanya tentang skill tapi perilakunya juga harus baik,” kata Oky Dwi saat wawancara di Bengkel Rinjani UMM (15/06/2023)

Bengkel Rinjani UMM merupakan bengkel yang berbasis one stop service yang artinya sekali masuk bisa langsung jalan. Dengan memberikan layanan seperti car wash, ganti oli, AC mobil, dan lain-lain.

Pelayanan Bengkel Rinjani UMM

Suasana Bengkel Rinjani UMM Pada (Jumat, 15/06/2023)

Home service juga menjadi salah satu layanan terbaik yang di berikan oleh Bengkel. Layanan ini di khususkan bagi pelanggan yang mengalami kerusakan mobil parah dan tidak bisa lagi di bawa ke bengkel.

Layanan Home Service ini pertama saat pandemi Covid-19 melanda Indonesia, saat itu Covid membuat orang-orang tidak bisa keluar akhirnya Bengkel menciptakan layanan home service sampai sekarang.

“Untuk home service kita liat keruskannya, kalau gak bisa jalan ya kita ambil dan untuk pelayanan kami hanya kurang cat mobil saja. Mungkin untuk saat ini kami masih belum ada cat mobil kalau sudah ada insyaallah bengkel kami sudah lengkap dan bisa di andalkan,” bilang Oky Dwi saat wawancara di Bengkel Rinjani UMM (15/06/2023)

Dalam segi promosi berfokus pada strategi digital marketing. Dengan menggaet influencer yang memiliki followers banyak seperti influencer UMM Gozhi. selain itu juga menyajikan kode QR di tempat tunggu dengan diskon 10 persen untuk pengaksesnya.

Pelanggan yang menunggu mobilnya bisa menggunakan fasilitas yang tersedia di bengkel seperti kopi, tempat duduk, air putih, dan smooking area. Dengan fasilitas tersebut pelanggan bisa menunggu dengan nyaman dan aman

Hal-hal yang dapat dilakukan untuk menjadi mekanik andal

Untuk menjadi mekanik andal di bidang tersebut bisa melakukan beberapa hal, kemajuan teknologi bisa sangat membantu kita yang ingin berkembang menjadi yang lebih baik.

Untuk menjadi mekanik yang andal, ada beberapa langkah yang dapat Anda ikuti:

  1. Dapatkan pendidikan dan pelatihan: Cari institusi pendidikan yang menawarkan program pendidikan kejuruan dalam bidang mekanik otomotif. Anda dapat mengikuti kursus formal di sekolah menengah kejuruan atau mendapatkan gelar sarjana dalam bidang teknik otomotif di perguruan tinggi atau universitas.
  2. Praktik kerja: Setelah mendapatkan dasar pengetahuan melalui pendidikan, sangat penting untuk mendapatkan pengalaman praktis di lapangan. Anda dapat mencari pekerjaan sebagai asisten mekanik di bengkel otomotif atau magang di perusahaan otomotif terkait. Praktik kerja akan memberikan Anda kesempatan untuk belajar dari para profesional yang berpengalaman dan mengembangkan keterampilan praktis Anda.
  3. Perluas pengetahuan Anda dan Dapatkan sertifikasi tambahan seperti sertifikasi dari produsen kendaraan tertentu, seperti Toyota atau BMW. Sertifikasi ini akan meningkatkan kepercayaan diri Anda dan menunjukkan kemampuan khusus Anda dalam memperbaiki kendaraan tertentu.
  4. Upgrade diri salah satu cara untuk menjadi mekanik andal . Anda harus tetap mengikuti perkembangan terbaru melalui pelatihan berkelanjutan, seminar, dan literatur teknis.
  5. Kualitas kerja yang tinggi: Selalu prioritaskan kualitas dalam pekerjaan Anda. Usahakan untuk memberikan layanan yang profesional dan berkualitas kepada pelanggan Anda. Perhatikan detail pekerjaan Anda dengan cermat dan teliti. Hal ini akan membantu Anda membangun reputasi yang baik dan mendapatkan kepercayaan pelanggan.

Ingatlah bahwa menjadi mekanik yang andal membutuhkan waktu dan komitmen untuk mengembangkan keterampilan dan pengetahuan Anda.

Baca juga berita yang lain di http://ekomikro.com

Baca Juga Berita Terbaru di https://ekomikro.com/?p=806

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *