Beranda » Bazar Wisuda UMM, Sarana Promosi Bisnis UMKM

Bazar Wisuda UMM, Sarana Promosi Bisnis UMKM

Bazar wisuda UMM

Ekomikro – Momen paling ditunggu mahasiswa pada saat menjalani masa pendidikannya tentu momentum wisuda. Seperti yang ada di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), momen wisuda selalu berlangsung meriah. UMM menggelar wisuda ke-108 periode II berlokasi di Dome UMM. Pelaksanaan wisuda selama tiga hari mulai tanggal 23, 25, dan 30 Mei 2023. 

Banyak pihak yang merasakan meriahnya momen wisuda ini. Tidak terkecuali para pelaku UMKM yang merasakan kemeriahan wisuda dengan membuka stan bazar. Bazar wisuda yang bertempat di parkiran utama Universitas Muhammadiyah Malang mendapat antusias besar baik dari pedagang UMKM maupun mahasiswa. Mulai beroperasi sejak pagi hingga sore hari, bazar ini tak pernah sepi oleh pengunjung. 

Menariknya, bazar ini tidak terbatas untuk mahasiswa saja, melainkan seluruh pelaku UMKM dari berbagai sektor. Menjual bermacam produk dari segala sektor UMKM. Mayoritas produk UMKM yang ada bergerak pada bidang kuliner. Selain menjual produknya, para pengusaha UMKM juga menjadikan bazar ini sebagai ajang promosi yang efektif. 

Adref salah satu mahasiswa UMM yang memiliki usaha dan ikut serta dalam bazar ini (25/5/2023), mengatakan bazar yang berlangsung di UMM ini berdampak baik bagi usaha yang baru ia rintis. “Sedikit banyak ada pengaruhnya, selain mendapat untung juga menjadi lahan promosi yang bagus,” jelas mahasiswa teknik sipil UMM angkatan 2019 tersebut. 

Sebagai mahasiswa sekaligus pelaku UMKM, ia merasakan bazar ini menjadi ajang yang baik untuk mempromosikan usahanya kepada para mahasiswa. Sebelumnya, usaha kedai kopi miliknya belum tentu diketahui secara luas oleh para mahasiswa yang menjadi target pasarnya. Melalui bazar ini, pedagang bisa mempromosikan produknya lebih mudah dan biaya murah.

Bazar yang terbuka untuk para pelaku UMKM ini tidak menarik biaya untuk mahasiswa yang tidak menyewa tenda. Apabila menggunakan fasilitas tenda ada biaya fasilitas sebesar Rp20.000 untuk tiap UMKM yang mendaftar. Bazar ini selain memberikan keuntungan kepada para pelaku UMKM diharapkan pula dapat mendorong semangat berwirausaha khususnya bagi para mahasiswa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *