Beranda » UMKM Mulai Go Online

UMKM Mulai Go Online

Ekomikro.comUMKM Go Online merujuk pada inisiatif atau upaya para Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Inisiatif ini karena perlu transformasi dan memperluas kehadiran mereka dengan memanfaatkan platform dan teknologi digital, terutama internet. Inisiatif ini bertujuan untuk membantu UMKM mencapai pasar yang lebih luas. Selain itu, untuk meningkatkan visibilitas, meningkatkan penjualan, dan mengoptimalkan operasional bisnis secara online.

Merujuk pada Kominfo, transformasi digital menjadi salah satu pembahasan tiga isu prioritas dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20. Pemerintah Republik Indonesia memperjuangkan hasil kongkret dalam KTT G20 agar memiliki manfaat bagi Indonesia. Pemanfaatan teknologi digital bagi pelaku usaha Mikro, Kecil, dan Menengah.

Ada langkah yang bisa diikuti para pelaku UMKM untuk memulai transformasi digital, yakni sebagai berikut:

Langkah UMKM Go Online:

  1. Membangun atau memiliki situs web

UMKM dapat membangun atau memiliki situs web yang menampilkan profil bisnis. Profilnya dapat berisi daftar produk atau layanan, informasi kontak, dan deskripsi singkat tentang bisnis mereka. Situs web ini dapat menjadi pusat informasi dan titik kontak bagi calon pelanggan.

  1. Menggunakan platform e-commerce

UMKM dapat mendaftar dan memanfaatkan platform e-commerce seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, dan Lazada. Dengan menggunakan platform ini, UMKM dapat dengan mudah menjual produk mereka secara online, mengelola inventaris, menerima pembayaran, dan mengatur pengiriman barang.

  1. Memanfaatkan media sosial

UMKM dapat membuat akun bisnis pada platform media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan YouTube. Mereka dapat memanfaatkan platform ini untuk mempromosikan produk atau layanan mereka, berinteraksi dengan pelanggan, dan memperluas jaringan bisnis.

  1. Mengoptimalkan SEO dan pemasaran digital

UMKM dapat mempelajari dasar-dasar optimasi mesin pencari (SEO). Hal ini untuk memastikan situs web atau halaman produk mereka muncul dalam hasil pencarian yang relevan. Selain itu, pemasaran digital seperti iklan online, konten pemasaran, dan kampanye email juga dapat membantu UMKM meningkatkan eksposur dan mencapai calon pelanggan.

  1. Meningkatkan layanan pelanggan 

Dalam era digital, penting bagi UMKM untuk memberikan layanan pelanggan yang responsif dan berkualitas. Hal ini dapat dilakukan melalui komunikasi online yang cepat. Pemilik juga bisa memberikan informasi yang jelas tentang produk atau layanan dan merespons pertanyaan atau masalah pelanggan dengan baik.

Selama proses UMKM Go Online, penting bagi UMKM untuk mempertimbangkan kebutuhan teknologi, keamanan data, logistik pengiriman, dan strategi pemasaran yang sesuai. Mereka juga dapat mencari bantuan dari penyedia layanan digital atau mengikuti pelatihan kewirausahaan online. Langkah ini untuk mendapatkan pengetahuan dan keterampilan dalam beroperasi secara online.

Update berita UMKM : https://instagram.com/ekomikro.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *