Beranda » Rental PlayStation, Usaha Menarik Bagi Pecinta Game

Rental PlayStation, Usaha Menarik Bagi Pecinta Game

Ekomikro – Bermain game tidak hanya menjadi aktivitas pengisi waktu luang tetapi juga bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan uang. Rental Playstation atau PS bisa menjadi peluang bagi para pecinta game yang ingin berbisnis.

Yayan salah satu pecinta game yang memulai bisnis Rental PS. Sebelum membuka usaha ia sering bermain game yang tentunya belum menghasilkan. Kemudian, ia terfikirkan sebuah konsep membuka jasa rental PS di daerahnya.

“Awal saya berjualan kopi keliling, kalau untuk PS karena menurut saya belom ada yang mengusung konsep angkringan yang sekaligus tempat rental PS. Jadi saya kepikiran buat kenapa nggak digabungin orang yang mau ngopi sekalian PS-an,” ujar Yayan 

Modal awal untuk bisnis rental PS berkisar 3-5 juta rupiah. Dengan modal yang tidak terlalu banyak sudah bisa membuka sebuah bisnis dan meningkatkan UMKM setempat. Omset penyewaan rental PS ini bisa sampai jutaan kalau laku 24 jam dengan harga penyewaan 4000. Dalam satu bulan berarti 4000 x 24 jam = 96.000 x 30 = 2.880.000. Jadi sekitar Rp2.880.000 per bulan.

Omset tambahan Yayan dari penjualan kopi, jajan, minuman es, dan makanan juga belum di hitung. Sistem penyewaan Yayan buka secara fleksibel bisa 24 jam ataupun tidak tergantung penyewa. 

“Kalo untuk jam bukanya biasanya kita dari siang, untuk tutupnya fleksibel aja , kalo misal ada yang selesai jam 3 jam 4 pagi, kita juga bakal buka sampai selesainya,” ujar Yayan. 

Game sepak bola adalah yang paling di cari oleh para penyewa. Karena game sepak bola di PS itu semua orang bisa bermain. Sehingga Game sepak bola di minati oleh anak-anak hingga orang dewasa


“Kalau saya disini seringnya bermain Game bola mas soalnya kan saya kesini sering sama temen-temen jadi kita setting kompetisi di game sepak bolanya biar lebih seru. Kalau gabut ya main PS mumpung deket rumah juga,” ujar Dimas sebagai penyewa.

Di Ambil oleh Team Ekomikro di rumah Yayan

Bisnis Rental Playstation

Sebelum membuka bisnis, biasa ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar bisnisnya lancar. Biasanya bisa melakukan  survei lokasi sekitar, riset game yang sedang tren, memberi pelayanan yang baik, dan mengatur tempat agar nyaman.

Bisnis Yayan ini masih di bilang masih baru ia masih mencoba-coba untuk lebih mengembangkan bisnisnya ini dengan memulai promosi lewat online. Karena ia percaya walaupun tempat rental PS jauh, orang yang suka bermain game akan tetap datang.

“Untuk sekarang ini belum ada cara khusus buat promosiin, alhamdulillahnya selalu penuh, mungkin next lewat media sosial buat mempromosikannya. Karena dulu saya kalau PS-an itu walaupun tempatnya jauh tetap saya hampiri dan itu juga sebagai penguat mengapa saya ingin memulai promosi lewat online yang bisa di jangkau banyak orang,” ujar Yayan.

Treatment Rental Playstation

Para usaha Rental PS kebanyakan mengalami kendala itu jika gamenya yang error atau stick PS yang erorr. Pemilik rental biasanya merangkap juga bisa memperbaiki ataupun memiliki cadangan. Setiap hari biasanya pemilik mengecek satu per satu alatnya agar setiap ada pelanggan merasakan kenyamanan.

Menurut Yayan, sebagai pebisnis baru di bidang ini kalau hal yang sulit itu ada pada perawatan alat serta penataan kalau jumlah unit PSnya banyak.

“Untuk saat ini mungkin masih cara perawatan nya aja. Soalnya juga masih belajar usaha ini. Apalagi stik, itu salah satu komponen yang paling sering rusak dan mungkin penataan karena di rumah saya itu gabung sama toko. Jadi kalau nambah unit itu saya lumayan mikir keras juga,” ujar Yayan.

Karena sekarang teknologi semakin maju banyak sekali metode belajar untuk merawat alat dan komponen PS yang bisa dicari di Youtube sehingga bisa memperlancar bisnis atau UMKM.

Update lainnya melalui : https://instagram.com/ekomikro.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *