Beranda » Merintis Bisnis UMKM Fotocopy dari Nol Menjadi Peluang Usaha Besar di Era Modern Ini

Merintis Bisnis UMKM Fotocopy dari Nol Menjadi Peluang Usaha Besar di Era Modern Ini

Ekomikro – Usaha fotocopy adalah jasa yang menyalin atau menggandakan tulisan atau gambar dari buku, dokumen atau tulisan lainnya. Selain itu, usaha fotocopy juga menjual berbagai macam alat tulis. Bisnis ini merupakan bisnis yang menjanjikan, karena sekarang hampir semua orang membutuhkan pelayanan jasa tersebut.

Yuli, nama pemilik usaha UMKM fotocopy yakni berusia 49 tahun. Beliau warga Sidoarjo yang bertepatan di daerah Desa Jenggot Kecamatan Krembung-Sidoarjo. Bersama dengan suaminya, usaha tersebut juga berdiri 29 tahun lamanya. Sejak tahun 1995 sampai sekarang tetap ramai pengunjung dan barang-barang yang dijual semakin beragam dan lengkap.

Merintis usaha dari nol tidaklah mudah, pasti banyak sekali rintangan yang dihadapi. Yuli yang dulunya mempunyai usaha kecil-kecilan yaitu menjahit sekarang beralih ke usaha pelayanan jasa fotocopy. Berdiri sejak tahun 1995 yang awalnya hanya mempunya satu mesin fotocopy saja.

Lambat laun bertambah karena banyaknya pelanggan yang berdatangan. Dulu, toko fotocopy tersebut adalah toko satu-satunya di daerah tersebut. Tidak heran, menjadi pelopor atau usaha pertama fotocopy yang sampai sekarang terus ramai pengunjung.

“Saya dengan suami merintis bisnis ini dari nol, di tahun 1995 masih belum ada dan mungkin jarang apalagi di daerah desa yang mempunyai bisnis fotocopy, jadi saya dan suami berpikiran untuk membuka toko fotocopy saja, dimulai dengan membeli satu mesin fotocopy,” ujar Yuli.

Bisnis Fotocopy

Pelanggan-pelanggan dari jasa fotocopy merasa puas dengan pelayanannya, dan makin hari semakin ramai pelanggan yang berdatangan dari berbagai daerah. Lambat laun usaha tersebut menambahkan barang  sebagai pelengkap di toko tersebut. Barang-barang itu berupa alat tulis, materai, amplop, map, buku dan masih banyak lagi.

Yuli mempunyai dua anak. Anak pertama yaitu laki-laki setelah lulus dari kuliahnya membantu ibunya di toko. Sedangkan anak satunya mempunyai minat pada bidang komputer, editing, foto dan lain-lain. Sejak tahun 2021 anak tersebut membantu orang tuanya di toko. Akhirnya toko tersebut menambahkan print dan komputer untuk mencetak foto atau stiker. Hal tersebut sebagai daya tarik di toko tersebut. 

Sekarang usaha UMKM pelayanan jasa tersebut masih ramai dengan pengunjung dan tak pernah sepi. Pengunjung sekarang dapat lebih mudah dengan menghubungi nomor toko untuk mengirim file dan pemesanan. Jadi tidak perlu lama-lama menunggu di toko. Tinggal mengirim pesan melalui aplikasi Whatsapp kalau sudah jadi tinggal ambil.

Toko tersebut juga semakin lama semakin lengkap, tidak hanya alat tulis saja. Kebutuhan sehari-hari seperti sampo, sabun, sikat gigi, pasta gigi juga ada. Toko tersebut juga menjual aksesoris rambut, lilin ulang tahun, serta mainan anak-anak. Toko fotocopy tersebut cukup serba ada, karna kalau belanja di sana sudah tersedia semuanya.

Update lainnya : https://instagram.com/ekomikro.id

One thought on “Merintis Bisnis UMKM Fotocopy dari Nol Menjadi Peluang Usaha Besar di Era Modern Ini

  1. [url=https://ninomebel76.ru/]ninomebel76.ru[/url]

    Юкос БестБалкон выполняет чуть только субъективные заказы. У проектировании наш брат хватим согласен начатки чемодан этюд, а также параметры лоджиевого местам для стоянки (объемы, геометрию).
    ninomebel76.ru

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *