Beranda » Usaha Salon Kecantikan, Peluang Bisnis UMKM di Tengah Tren Kecantikan

Usaha Salon Kecantikan, Peluang Bisnis UMKM di Tengah Tren Kecantikan

Ekomikro – Salon kecantikan adalah salah satu peluang bisnis yang menyajikan jasa merias dan merawat diri. Salon menyediakan layanan perawatan kecantikan seperti perawatan rambut, perawatan kulit, manicure, pedicure, dan make-up. Biasanya, salon kecantikan dilengkapi dengan peralatan dan produk perawatan kecantikan yang beragam.

Novie, pemilik bisnis UMKM salon yakni berusia 40 tahun warga Malang yang bertepatan di Jalan Tirto Rahayu ini mempunyai bisnis UMKM. Salon kecantikan yang sekarang dilanjutkan oleh anak perempuannya yang bernama Sabina berusia 20 tahun. Pengalaman yang didapatkan oleh Sabina pun juga sudah banyak. Ia sejak SD sudah mempelajari teknik-teknik dasar dalam bisnis salon dari ibunya. Sabrina juga bersekolah di bidang kecantikan.

“Saya diajarkan mama saya mulai SD mengenal industri kecantikan yaitu salon. Lanjut sekolahnya juga di bidang kecantikan jadi lulus langsung bisa pegang klien,” kata Sabina. Layanan kecantikan yang disediakan juga banyak seperti potong rambut, cuci catok, hair colour, smoothing, colour fashion, eyelash, lash lift, keratin dan masih banyak lagi.

“Jenis layanan yang disukai customer saya yaitu smoothing keratin dan colour fashion,” kata Sabina. Demi memastikan keamanan pelanggan perawatan kecantikan, Sabina sering menanyakan pada kliennya apakah mereka nyaman dengan obat salon yang diberikan dan mengecek lagi alat dan bahan yang diberikan.

Bisnis Salon Kecantikan

Jenis produk yang tersedia juga bermerek, seperti loreal, inaura, dan matrix. Pelayanan unggulan di salon ini adalah owner menyediakan eyelash dan lash lift yang jarang ada di salon yang lain. 

Kenyamanan pelanggan adalah hal pertama yang menjadi prioritas oleh Salon Novie. Salah satunya cara untuk menjaga kenyamanan di salon ini adalah dengan selalu mengedepankan kebersihan. Terutama membersihkan alat-alat salon, mencuci handuk setelah pemakaian, menyapu, dan mengepel lantai. Untuk menjaga ruangan agar tetap nyaman, perlu juga menyemprot setiap sudut dengan pengharum ruangan. 

Salon Novie juga menyediakan layanan komplain. Apabila ada pelanggan yang kurang puas dengan hasilnya, owner biasanya menanyakan apakah mau melakukan perawatan lagi. Serta memberi bonus keratin bilas atau uang kembali tapi tidak 100 persen. Proses reservasi pemesanan dan pembatalan perjanjian temu di salon ini biasanya via whatsapp begitu juga dengan pembatalan reservasi juga bisa langsung ke tempat salon tersebut.

Bisnis salon kencantikan dapat menjadi salah satu ide usaha yang bisa kalian lakukan!

Update lainnya melalui : https://instagram.com/ekomikro.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *